Apa itu Refleksologi?

Apa itu Refleksologi? – Refleksi adalah perawatan spa yang salah paham. Kebanyakan orang berpikir itu pijat kaki, dan sayangnya, beberapa terapis spa mengobatinya seperti itu. Ini juga luas meski menjadi pengobatan kuno Tiongkok. Meskipun pasti berutang pada masa lalu, refleksiologi sebagai modalitas perawatan sebenarnya dikembangkan di Amerika pada abad ke-20.

Apa itu Refleksologi?

Jadi apa itu refleksologi? Reflexology adalah perawatan spa dimana terapis bekerja pada titik refleks pada kaki, tangan, dan telinga Anda yang diperkirakan berhubungan dengan organ dan kelenjar tertentu di tubuh. Merangsang titik-titik itu dengan tekanan jari mendorong kesehatan pada organ dan kelenjar tersebut melalui jalur energik tubuh.

Bila dilakukan oleh praktisi yang ahli, refleksologi merupakan perawatan yang sangat rileks dengan manfaat yang bisa dirasakan di seluruh tubuh. Terapis akan menggunakan berbagai teknik yang meliputi pegangan, tekanan jari, adonan, rotasi dan penggosokan.

Efek Refleksologi Harus Merasa di Seluruh Tubuh

Terapis terbaik juga termasuk tangan dan kaki sebagai bagian dari perawatan refleksologi, dan Anda harus merasakan efek melalui seluruh tubuh. Jika terapis kurang terampil atau tidak terlatih, Anda akan merasa seperti sedang menjalani pijat kaki yang sangat panjang.

Ada bukti bahwa orang mempraktikkan beberapa bentuk terapi tangan dan kaki 4.000 tahun yang lalu di China dan Mesir. Penemuan ulang modern dari beberapa jenis terapi kaki tersistemat dikaitkan dengan Dr William Fitzgerald, yang menyebutnya “Terapi Zona.” Gagasannya sampai ke perhatian publik dalam artikel tahun 1915, “Menghentikan Sakit Gigi itu, Memeras Toe Anda,” yang diterbitkan di Majalah Everybody’s.

Karyanya diperpanjang oleh Eunice Ingham, yang dikenal sebagai “pelopor refleksi modern.” Dia dengan susah payah memetakan kaki dengan semua organ dan kelenjar tubuh yang sesuai. Ingham merancang sebuah sistem teknik yang memungkinkan praktisi untuk menghubungi refleks dengan cara yang paling efektif dan ekonomis.

Sistem ini dikenal sebagai “Metode Ingham Asli” dan meskipun metode ini telah disempurnakan lebih jauh lagi, warisannya masih merupakan fondasi refleksi modern.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pijat Refleksi

  • Pijat refleksi bisa menjadi pilihan pengobatan yang baik bagi orang yang ingin menyimpan pakaian mereka saat dipijat. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda terdesak waktu dan tidak ingin mendapatkan minyak pada tubuh atau rambut Anda.
  • Anda harus menanyakan jenis pelatihan atau sertifikasi khusus yang dimiliki ahli terapi dalam refleksologi. Setiap terapis pijat atau ahli kecantikan, yang memiliki lisensi untuk bekerja di tubuh, secara hukum dapat memberi Anda “refleksi” meskipun mereka memiliki sedikit pelatihan. Lebih baik mendapatkan refleksi dari seseorang yang telah mengikuti program pelatihan dan sertifikasi refleksologi tertentu.
  • Refleksologi pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada awal abad ke-20, dan disebut “terapi zonal” dalam inkarnasi paling awal. Hal ini didasarkan pada teori bahwa tubuh dibagi menjadi sepuluh zona yang berjalan longitudinal dari kepala sampai kaki – lima di setiap sisi tubuh. Praktisi percaya bahwa tekanan pada titik refleks pada kaki atau tangan akan mempengaruhi organ tubuh di zona yang sama.
  • Dalam beberapa tahun terakhir, praktisi refleksologi mulai menggabungkan teknik akupresur Pengobatan Tradisional China (T.C.M.) ke dalam pekerjaan mereka. Meskipun refleksologi didasarkan pada teori “zona” dan bukan teori T.C. tentang “meridian” atau jalur energi, kedua perlakuan didasarkan pada prinsip bahwa bekerja pada titik-titik tertentu dapat membawa efek terapeutik di bagian tubuh yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *